Halaman

Rabu, 07 Februari 2018

Contoh Pidato Tentang Bencana Banjir


AssalamuallaikumWr.Wb.
Yang terhormat Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya sayangi. Pertama- tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpu ldi tempat ini untuk melaksanakan ujian praktik bersama-sama.

           Guru-guru dan teman-teman sekalian, seperti yang kita ketahui banjir adalah hal yang bisa dibilang sangat umum terjadi di Indonesia, lebih lagi di kota Jakarta yang kita tempati sekarang ini. Banjir merupakan bencana alam yang secara garis besar disebabkan oleh dua hal. Yaitu, disebabkan oleh manusia atau pun alam itu sendiri. Banjir yang disebabkan oleh alam biasanya diakibatkan oleh curah hujan yang sangat tinggi. Tetapi, hal tersebut tidak lepas dari campur tangan manusia yang membuang sampah sembarangan di saluran perairan,membuatnya tersumbat,dan menumpahkan airnya kedaratan.

           Banjir sering kali membawa kerugian bagi yang ditimpanya, tergantung dari seberapa besar banjir
tersebut melanda. Perenggutan harta benda dan nyawa yang memilukan serta yang paling sering kita alami adalah terganggunya kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Kita sebagai pelajar mengalami terganggunya aktivitas belajar karena banjir yang merendam sekolah atau sekitarnya, belum lagi lamanya banjir tersebut surut dan membuat fasilitas di sekolah kotor ataupun hanyut bersamaan dengan banjir.

           Kesehatan juga menjadi taruhannya. Para siswa seringkali mengalami flu dan demam akibat udara yang tidak menyehatkan dari hujan yang jatuh deras secara terus menerus. Bagi yang telah mengalami banjir di daerah perumahannya juga tidak melepas kemungkinan terjadinya wabah penyakit. Yang paling umum adalah muntah beserta gatal-gatal akibat air banjir yang tidak bersih terserap ke tanah serta genangan air yang tidak dibersihkan oleh warga menjadi sarang berkembangnya nyamuk demam berdarah dan berbahaya bagi kesehatan warga sekitarnya.

          Oleh karena itu kita sebagai murid yang terpelajar seharusnya bisa bertanggungjawab atas apa yang telah terjadi. Banjir bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi penduduk kota Jakarta. Kita sebagai pelajar bisa memulai dari hal-hal kecil seperti membiasakan membuang sampah pada tempatnya atau menanam pohon dipekarangan rumah sebagai langkah yang lebih besar. Jika sudah terjadi, kita bisa ikut berpartisipasi untuk membersihkan lingkungan sekitar kita. Tidak lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan kita sendiri.

          Sekian yang bisa saya sampaikan, saya berharap apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua, kurang lebihnya mohon dimaafkan.


WassalamuallaikumWr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar