Halaman

Selasa, 06 Februari 2018

Media Sosial yang Tak Lagi Sama

    Media sosial pada saat ini telah digunakan oleh hampir sebagian besar manusia di dunia ini, khususnya di Indonesia. Berdasarkan laporan Tetra Pak Index di tahun 2017, tercatat dalam laporan tersebut di Indonesia terdapat sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia yang 40% diantaranya adalah pengguna media sosial dan tercatat ada lebih dari 106 juta orang Indonesia menggunakan media sosial tiap bulannya. Dengan semakin mudahnya cara untuk mengakses media sosial, maka hal inilah salah satu hal yang dapat menjadi alasan mengapa media sosial semakin digemari di dunia oleh berbagai kalangan dari yang masih muda hingga lansia.
   
    Media sosial memiliki banyak fungsi dan manfaat tersendiri bagi para penggunanya, salah satunya adalah sebagai media komunikasi, tempat untuk mengekspreksikan diri, mempermudah pencarian informasi yang ada di dunia ini, memperbanyak teman, dan masih banyak lagi dampak positif yang ditimbulkan oleh media sosial ini. Namun, semakin kesini penggunaan media sosial mengalami sedikit perubahan fungsi, saya sering melihat media sosial seperti instagram, facebook, twiiter dan yang lainnya digunakan sebagai tempat untuk pamer kehidupan pribadi saja dan berharap untuk mendapat banyak pujian dari orang-orang yang menjadi followers orang tersebut. Tidak jarang juga ada pengguna media sosial yang melakukan suatu hal yang dianggap kurang baik namun sering kali di-upload ke media sosial mereka hanya untuk mendapatkan perhatian dari banyak orang-orang tanpa memikirkan akibat ke depannya. Yang kemudian saya lihat adalah, biasanya orang-orang melakukan sesuatu yang disenanginya untuk mendapatkan kepuasan untuk diri sendiri, namun ada juga yang melakukan sesuatu hanya untuk pamer ke orang-orang lain. Selain itu, di Twitter, saya cukup sering melihat apa yang disebut dengan Twitwar yaitu perdebatan yang dilakukan oleh pengguna twitter namun biasanya hal tersebut malah memacing permusuhan karena perdebatan tersebut tidak kunjung selesai sehingga hal ini justru berlawanan dengan salah satu fungsi dari media sosial sendiri yaitu memperbanyak teman.

     Ada baiknya sebagai pengguna internet dan media sosial kita harus bijak dan bertanggung jawab terhadap apa yang akan dan telah kita lakukan terutama di media sosial. Karena media sosial bukanlah tempat untuk pamer saja bahkan bukan tempat untuk memicu pertikaian. Sebaiknya untuk jadi pengguna media sosial yang baik kita harus kembali membuat media sosial sebagai tempat yang menyenangkan dan tidak dipenuhi orang-orang yang banyak sensasi saja namun tidak menghasilkan prestasi sama sekali,




Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar